Home » Kesehatan » Inilah Beberapa Penyebab Mengapa Anda Tidak Bisa Bayar Iuran BPJS Kesehatan Setiap Bulan

Biaya pengobatan yang mahal ternyata masih menyulitkan bagi beberapa orang, terbukti masih banyak masyarakat yang enggan melakukan pemeriksaan ketika mengalami sakit akibat kurangnya finansial. Tetapi pemerintah tidak tinggal diam akan hal tersebut, yang dahulu tersedia jaminan kesehatan untuk masyarakat sekarang ini sudah ada BPJS kesehatan. Sebenarnya jika dilihat dari fungsinya sama saja, jadi masyarakat yang terdaftar menjadi anggotanya harus bayar iuran BPJS kesehatan setiap bulannya. Cara kerjanya tidak berbeda jauh dengan jenis asuransi, tetapi karena ini milik pemerintah jadi lebih tergolong ringan.

Bayar Iuran BPJS

Pada dasarnya BPJS sendiri terbagi atas beberapa golongan kelas, hal ini akan berpengaruh pada pelayanan yang akan Anda dapatkan ketika harus dirawat dirumah sakit. Dari mulai kelas 1, 2 sampai dengan kelas 3 yang semuanya mempunyai besar iuran yang berbeda. Bagi Anda yang ingin mempunyai kartu tersebut bisa langsung mendaftar secara kolektif, tetapi sudah ada juga beberapa perusahaan yang mendaftarkan karyawannya secara langsung. Untuk karyawan pembayarannya bisa dilakukan dengan potongan gaji setiap bulan. Namun untuk masyarakat pada umumnya bisa melakukan pembayaran melalui ATM, minimarket. Kantor pos atau bisa juga toko online.

Mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS tidaklah sulit, sebaliknya yang sering dijumpai adalah dimana masyarakat akan membayar iuran setiap bulan akan mengalami masalah. Kegagalan dalam pembayaran sendiri bisa terjadi karena beberapa kemungkinan, antara lain:

  • Nomor anggota belum aktif.

Umumnya memang setelah pendaftaran tidak bisa langsung digunakan ataupun dilakukan pembayaran secara langsung. Anda baru dapat menggunakan setelah 2 minggu dari hari pembuatan, karena akun atau virtual account Anda secara otomatis belum terdaftar.

  • Sistem BPJS trouble.

Namanya juga sistem wajar saja jika terjadi gangguan ataupun masalah yang tidak terduga-duga, apalagi jika pengguna semakin padat atau banyak. Tidak menutup kemungkinan ketika Anda melakukan bayar iuran BPJS melalui ATM ataupun media lainnya ternyata sedang mengalami gangguan. Secara otomatis Anda harus melakukan pembayaran dihari berikutnya sampai sistem normal kembali.

  • Tempat pembayaran bermasalah.

Selain dari sistem BPJS sendiri yang mengalami masalah, mungkin juga sistem ATM ataupun tempat pembayaran yang Anda pilih lainnya itu yang bermasalah. Dalam kasus ini caranya juga tidak berbeda dengan masalah sebelumnya yaitu melakukan pembayaran keesokan harinya setelah sistem normal. Atau bisa juga Anda memilih tempat lain yang menerima jasa pembayaran iuran BPJS.

  • Iuran telah dibayar.

Kegagalan pada saat Anda melakukan pembayaran kemungkinan besar juga bisa disebabkan karena sudah terbayarkan. Efek lupa juga bisa menjadi penyebab, makanya sebelum Anda melakukan pembayaran harus mengecek terlebih dahulu apakah memang ada tanggungan ataupun tidak.

  • Nomor ID salah.

Kemungkinan yang terakhir adalah kesalahan pada saat penginputan data, secara otomatis sistem tidak bisa menerima hal tersebut. Jadi Anda harus meneliti dengan baik, apalagi jika melakukan pembayaran secara pribadi melalui online tanpa bantuan petugas. Sedikit saja salah input pasti akan berakhir kegagalan.

Demikian beberapa penyebab yang dapat membuat proses pembayaran yang Anda lakukan mengalami masalah atau kegagalan. Walaupun sekarang ini sudah banyak tempat yang dapat dipilih untuk melakukan pembayaran tetapi akan merepotkan juga jika setiap prosesnya mengalami kendala. Bukan hanya pada saat Anda bayar iuran BPJS saja tetapi juga lainnya yang menggunakan sistem. Seperti yang diketahui bahwa sistem itu kemungkinan besar bisa mengalami masalah atau kendala yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*